Duplex Transtension - Transpression, Kombinasi Sesar Geser

Duplex Transtension - Transpression, Kombinasi Sesar Geser

Duplex Transtension - Transpression merupakan dua kata yang lebih spesifik untuk jenis sesar geser. Lalu apakah pengertian dari Duplex itu sendiri? Kemudian apakah transtension dan transpression itu? Apa hubungan antara Duplex dengan Sesar geser? Saya akan mencoba menjelaskan sebaik mungkin sehingga dapat membantu mencerahkan dan menambah wawasan untuk orang awam, dan geologist lainnya. 


Sumber:http://www.files.ethz.ch/structuralgeology/jpb/files/english/5wrench.pdf
Duplex merupakan sebuah thrust sheet (mass) dimana dibatasi oleh floor thrust dan roof thrust yang memiliki bentuk imbrikasi. Duplex pada sistem sesar normal terjadi apabila sheet dilingkupi oleh bidang sesar. Jika sistem duplex ini terdapat di bagian atas floor fault sesar utama maka dapat dinamakan sebagai roof fault. Duplex strike-slip berbentuk Seperti set horizontal yang ditumpuk dan melensa dimana dibatasi dengan segmen paralel fault utama pada kedua sisinya. Duplex strike-slip berkembang pada zona transfer di mana displacement dipindahkan dari satu segmen patahan menuju patahan yang lain di sistem stepped strike-slip fault, dan melengkung, di mana orientasi fault utama dilengkungkan.
Sumber: http://pages.uoregon.edu/rdorsey/CoachellaValley.html
            Duplex Strike-slip bisa berupa kompresi atau ekstensi, tergantung pada arah gaya utama yang berlaku. Penebalan atau penipisan duplex strike-slip, harus terjadi dalam arah horisontal. Deformasi yang terjadi bergerak secara vertikal, sehingga duplex strike-slip melibatkan gerakan oblique. Duplex transpressional merupakan penebalan sheet secara vertikal naik keatas dan keluar dari blok yang berdekatan karena arah gaya utama saling menekan. Hal ini sering disebut sebagai positive flower structure. Duplex transpression merupakan pengabungan antara strike-slip dan reverse-slip. Duplex  transtensional merupakan penipisan sheet secara vertikal kebawah atau menipis karena arah gaya utama saling tarik-menarik. Hal ini sering dikenal sebagai negative flower structure. Duplex transtension merupakan pengabungan antara strike-slip dan normal-slip.

Sumber: http://pubs.usgs.gov/of/2003/of03-077/text.htm
Gambar: A. Positive Flower Structure, B. Negative Flower Structure



Bagaimana? Sekarang sudah mengerti tentang duplex sebagai kombinasi dari sesar geser? Semoga artikel ini dapat membantu menambah wawasan anda. Terima Kasih..


Daftar Artikel:
  1. Pengertian & Sejarah

  1. Petrologi

  1. Geologi Struktur

  1. Geoteknik

  1. Stragrafi

  1. Geomigas


Disini saya juga masih belajar mengenai geologi yang saya sharing kan dari apa yang sudah saya dapat di bangku perkuliahan. Kritik, saran, dan koreksi sangat saya hargai dan saya sangat berterima kasih. Terima kasih sudah mau merelakan waktunya untuk membaca blog saya yang sederhana ini. Sekian artikel saya mengenai Duplex Transtension - Transpression, Kombinasi Sesar Geser
Sumber: Tectonic strike-slip faults, Web Uoregon, Web Unomaha dan bahan ajar selama kuliah.

0 Response to "Duplex Transtension - Transpression, Kombinasi Sesar Geser"

Post a Comment

Popular Posts