Geologi Teknik Sebagai Kekuatan dan Kelemahan Geologi

Geologi Teknik Sebagai Kekuatan dan Kelemahan Geologi

Nah lho kenapa bisa geologi teknik menjadi kekuatan dan kelemahan geologi? Lalu apa bedanya geologi teknik dengan teknik geologi? Lalu apa fungsi dari geologi teknik? Bingung awak.

Daripada bingung, mari kita jawab satu-satu. Awal cerita kita lihat dulu bagan ini:
Geologi Teknik merupakan sebuah ilmu yang mempelajari tentang gejala-gejala geologi dari aspek kekuatan dan kelemahan geologi dimana diterapkan dalam pembangunan infrastruktur seperti tahap menentukan lokasi, desain, dan konstruksi.
Kekuatan dan kelemahan geologi yang dimaksud disini adalah faktor-faktor geologi yang mempengaruhi dalam perhitungannya.


Perbedaan Geologi Teknik dan Teknik geologi, menurut saya kalau geologi teknik itu merupakan penerapan ilmu geologi yang digunakan untuk ke arah infrastruktur, sedangkan untuk teknik geologi adalah penerapan ilmu geologi itu sendiri sesuai dengan ilmu geologi termasuk geologi teknik, geologi struktur, petrografi, dan lain sebagainya. Sudah tau kan pengertian geologi itu sendiri? Lihat juga Sejarah Perkembangan Ilmu Geologi biar lebih mengerti apa itu geologi. Bahasa mudahnya geologi itu ilmu umumnya, teknik geologi itu penerapan dari ilmu geologi, dan geologi teknik itu salah satu penerapan ilmu geologi atau bisa dibilang ilmu khususnya.

Geologi teknik juga memiliki banyak ilmu yang saling berkaitan satu sama lain seperti teknik sipil, geoteknik, hidrogeologi, hidrologi, teknik tambang, soil mekanik, rock mekanik dan lain sebagainya. Jadi geologi teknik sendiri memiliki ilmu yang sangat luas.

Dalam geologi teknik kita mempelajari sifat batuan dan tanah beserta kekuatannya, struktur-struktur geologi yang ada pada tanah dan batuan tersebut serta geomorfologi daerah tersebut.

Pada akhir abad ke-19, ilmu dan praktek dari geologi teknik belum terlalu diakui dunia. Buku mengenaik geologi teknik sudah diterbitkan pada tahun 1880 oleh William Penning. Lalu gelogi teknik mulai tumbuh dan berkembang sejak tahun 1925 dimana Karl Terzaghi yang merupakan terkenal dengan Bapak Mekanika Tanah menerbitkan buku yang berjudul "Erdbaumechanik" dalah bahasa Jerman.
Geologi teknik semakin dilihat oleh dunia pada tahun 1928 dimana merupakan rusaknya Bendungan St. Francis yang berada di California yang memakan lebih dari 400 nyawa manusia.
St. Francis DAM Failure
St. Francis DAM Failure
Selain itu juga ada beberapa kegagalan pekerjaan rekayasa enjiniring pada tahun-tahun berikutnya dimana hal ini membuat meningkatnya kebutuhan ahli Geologi Teknik.
Street Failure
Street Failure


Land Failure
Land Failure

Disini lah fungsinya Geologi Teknik

Fungsi geologi teknik lainnya adalah kita dapat membangun jalan bawah tanah
Jalan Bawah Tanah
Jalan Bawah Tanah

Atau terowongan bawah tanah untuk pertambangan dan terowongan lainnya seperti saluran air bawah tanah dan lain sebagainya
Underground Mining
Underground Mining
Dan juga kita dapat membuat dan mengamankan lereng bukan. Bisa digunakan untuk tambang, pengamanan lereng jalan, jembatan serta bendungan.


Open Pit Mining
Open Pit Mining

Sekarang sudah paham mengenai geologi teknik 






Daftar Artikel:
  1. Pengertian & Sejarah

  1. Petrologi

  1. Geologi Struktur

  1. Geoteknik

  1. Stragrafi

  1. Geomigas




Disini saya juga masih belajar mengenai geologi yang saya sharing kan dari apa yang sudah saya dapat di bangku perkuliahan. Kritik, saran, dan koreksi sangat saya hargai dan saya sangat berterima kasih. Terima kasih sudah mau merelakan waktunya untuk membaca blog saya yang sederhana ini. Sekian artikel saya mengenai Geologi Teknik Sebagai Kekuatan dan Kelemahan Geologi.


Sumber: Buku Responsi 2009, 2010, blog dosen saya Pak Zulfialdi, blog geologi teknik lain dan bahan ajar selama kuliah.

2 Responses to "Geologi Teknik Sebagai Kekuatan dan Kelemahan Geologi"

Popular Posts