Gerak Vertikal dan Horizontal Kulit Bumi

Gerak Vertikal dan Horizontal Kulit Bumi

Kulit bumi berbeda dengan kulit kita. Selain lebih keras, ternyata kulit bumi dapat bergerak secara vertikal dan horizontal. Mari kita bahas Gerak Vertikal dan Horizontal Kulit Bumi. Tektonisme adalah proses pergerakan, pengangkatan, lipatan, dan patahan pada batuan sehingga mengalami perubahan bentuk, volume, letak, dan atau posisi lapisan bumi secara mendatar atau vertikal. Tenaga  tektonik  yang terjadi merupakan  tenaga yang  berasal  dari  dalam  bumi. Dari proses tersebut menghasilakn lipatan dan patahan. Untuk mempermudah memahaminya, saya sarankan membaca Duel Sengit: Fixists vs Mobilists, dan Apa Pengertian dari Divergen, Konvergen, dan Transform?.

Tektonisme dibedakan menjadi dua yaitu gerak epirogenetik dan orogenetik yang dibagi berdasarkan luas daerah dan kecepatan geraknya. 

A. Gerak Epirogenetik merupakan gerakan dari dalam bumi  yang memiliki arah horizontal dan vertikal sehingga membentuk turun naiknya  lapisan  kulit  bumi yang sangat lambat dan  terjadi  di suatu daerah yang luas. Gerak ini yang membentuk kontinen atau benua. Gerak  epirogenetik dibedakan menjadi dua yaitu:
  • Epirogenetik Positif
      Epirogenetik  positif  yaitu  gerakan menurunnya suatu daratan, sehingga terlihat permukaan air laut naik.
  • Epirogenetik Negatif
     Epirogenesa negatif, yaitu gerakan naiknya suatu daratan, sehingga permukaan air laut turun.

Sumber: https://asyaelrahma.wordpress.com/
Epirogenesa

B. Gerak Orogenetik merupakan gerakan lempeng yang lebih cepat pada wilayah yang lebih sempit. Proses ini yang membentuk pegunungan. Ada dua macam bentuk permukaan bumi akibat tenaga orogenetik, yaitu: 

  • Lipatan (Fold) merupakan suatu bentuk rupa bumi yang mengalami pengerutan karena tekanan horizontal pada kulit bumi yang sifatnya elastis. Lipatan yang terlipat ke atas dapat disebut antiklinal, sedangkan lipatan yang terlipat kebawah dapat disebut sinklinal. 
Sumber: http://sainsmini.blogspot.co.id/2014/11/pengertian-dan-penjelasan-tektonisme.html
Macam-macam Lipatan
  • Patahan atau Sesar (Fault) merupakan suatu bentuk rupa bumi yang patah atau retak karena tekanan horizontal pada kulit bumi yang melebihi batas elastis, sedangkan untuk tekanan vertikal sendiri karena akibat pembebanan batuan diatasnya. Pergeseran bidang batuan tersebut terjadi secara vertikal atau horizontal.

Sumber: https://asyaelrahma.wordpress.com/
Macam-macam Patahan
Sekarang sudah mengerti mengenai Gerak Vertikal dan Horizontal Kulit Bumi kan? Secara konsep dasar, bumi bergerak seperti ini. Suatu saat nanti akan dijelaskan mengenai patahan dan lipatan.





Daftar Artikel:
  1. Pengertian & Sejarah

  1. Petrologi

  1. Geologi Struktur

  1. Geoteknik

  1. Stragrafi

  1. Geomigas






Disini saya juga masih belajar mengenai geologi yang saya sharing kan dari apa yang sudah saya dapat di bangku perkuliahan. Kritik, saran, dan koreksi sangat saya hargai dan saya sangat berterima kasih. Terima kasih sudah mau merelakan waktunya untuk membaca blog saya yang sederhana ini. Sekian artikel saya mengenai Gerak Vertikal dan Horizontal Kulit Bumi.

Sumber: blog sainsmini, sapakabar, video youtube, dan bahan ajar selama kuliah.

0 Response to "Gerak Vertikal dan Horizontal Kulit Bumi "

Post a Comment

Popular Posts