Apa Pengertian dari Divergen, Konvergen, dan Transform?

Tektonik Lempeng
Tektonik Lempeng
Apa Pengertian dari Divergen, Konvergen, dan Transform itu? - Sudahkah anda mendengar kata divergen, konvergen, dan transform? Bagi orang awam, kata-kata tersebut mungkin baru sekarang mendengarnya, tetapi bagi para geologist sudah sering sekali mendengar kata-kata tersebut. Sudah menjadi pelajaran dasar di bidang geologi. Kata-kata tersebut merupakan istilah-istilah pada teori tektonik lempeng. Lihat jg teori-teori yang lain yang sudah dijelaskan sebelumnya pada Sejarah Perkembangan Ilmu Geologi. Sebelum kita melaju lebih lanjut, alangkah lebih baiknya memahami komposisi isi perut bumi untuk memudahkan pengertian pada pembahasan kali ini.

Alfred Wegener (1912) adalah seorang yang membuat suatu hipotesis pergeseran benua (continental drift) dan merupakan awal mula dari teori tektonik lempeng. Hipotesis ini kemudian dikembangkan lagi dalam bukunya yang berjudul "The Origin of Continents and Oceans" di tahun 1915. Isinya berkata bahwa benua-benua yang sekarang ada, dulu merupakan suatu bentang alam yang bergerak saling menjauh satu hingga yang lain, sehingga memecahkan benua-benua tersebut yang dari inti bumi seperti 'bongkahan es' dari granit yang bermassa jenis rendah dan mengambang di atas lautan basal yang padat.

Teori ini mengatakan bahwa kerak bumi bergerak mengapung dan tidak bersifat permanen. Pada Penjelasan Komposisi Isi Perut Bumi menjelaskan bahwa kerak bumi beserta mantel atas bagian atas membentuk suatu kesatuan yang disebut lapisan litosfer. Litosfer tersebut mengapung diatas lapisan astenosfer. Teori tektonik lempeng atau dapat disebut dengan "Plate Tectonic" ini mempelajari hubungan antara deformasi dengan pergerakan lempeng.

Batas-batas Lempeng

Pergerakan antara satu lempeng dengan lempeng lainnya yang berdampingan membentuk suatu interaksi sehingga dibedakan menjadi tiga macam berdasarkan jenis pergerakannya, yaitu:

1. Divergen: Pergerakan lempeng dimana lempeng-lempeng bergerak saling menjauh satu dengan yang lain dimana gaya yang bekerja pada gerak ini adalah gaya tarikan (tensional). Divergen ini menyebabkan naiknya magma dari pusat bumi yang akan membentuk lantai samudera atau kerak samudera. Contohnya adalah MOR (Mid Ocean Ridges) di dasar samudera Atlantik.

2. Konvergen: Pergerakan lempeng dimana lempeng-lempeng bergerak saling mendekati satu dengan yang lain dimana gaya yang bekerja pada gerak ini adalah gaya kompresional. Ada tiga jenis pergerakan konvergen yaitu:
  • Subduksi: Pergerakan konvergen diantara lempeng benua dengan lempeng samudera, dimana lempeng samudera akan menunjam ke bawah lempeng benua karena berat jenis lempeng benua lebih ringan dibandingkan dari lempeng samudera. Contohnya adalah palung yang memanjang dari sebelah barat Sumatra, selatan Jawa, hingga ke sealatan Nusa Tenggara Timur.
  • Obduksi: Pergerakan konvergen diantara kerak benua dengan kerak samudera, dimana kerak benua menunjam di bawah kerak samudera. Penunjaman ini terjadi karena perubahan dari batas lempeng divergen menjadi konvergen yang kemudian penunjaman tersebut membawa kerak benua berbenturan dengan kerak samudera.
  • Kolisi: Pergerakan konvergen diantara lempeng benua dengan lempeng benua. Kedua lempeng tersebut memiliki massa jenis yang sama sehingga membentuk pegunungan lipatan yang sangat tinggi. Contohnya: Pegunungan Himalaya
 3. Transform: Pergerakan lempeng dimana lempeng-lempeng bergerak saling berpapasan. Gerakan ini sejajar dan tidak tegak lurus dimana menghasilkan sesar mendatas jenis Strike Slip Fault. Contohnya adalah sesar San Andreas di Amerika Serikat.
Divergen, konvergen, dan transform
Divergen, konvergen, dan transform
Jadi sekarang jangan heran lagi bahwa lempeng bumi bisa bergerak. Kabarnya nanti pulau Jawa bisa berhimpit dengan Australia. Wah hebat ya! Tinggal menyeberang saja nanti kalau mau ke Australia. Tapi, membutuhkan waktu berjuta-juta bahkan beratus juta tahun lamanya. Hehe. Begitulah Pengertian dari Divergen, Konvergen, dan Transform.






Daftar Artikel:
  1. Pengertian & Sejarah

  1. Petrologi

  1. Geologi Struktur

  1. Geoteknik

  1. Stragrafi

  1. Geomigas

Sekiranya jika ada masukan, koreksi, saran dan kritik, saya sangat menghargainya. Disini saya masih belajar dan hanya sekedar sharing dari apa yang saya dapat di bangku perkuliahan. Lihat juga artikel saya yang lain mengenai Perputaran Rantai Siklus Batuan. Terima kasih sudah menyepatkan untuk datang dan membaca artikel artikel di blog saya. Sekian artikel saya mengenai Apa Pengertian dari Divergen, Konvergen, dan Transform?

Sumber: Buku Responsi 2009, 2010, dan bahan ajar selama kuliah

0 Response to "Apa Pengertian dari Divergen, Konvergen, dan Transform?"

Post a Comment

Popular Posts