Sejarah Perkembangan Ilmu Geologi

Sejarah
Sejarah

Sejarah Perkembangan Ilmu Geologi - Ilmu geologi tentunya sama seperti ilmu-ilmu lainnya yang dapat berkembang. Geologi sekarang sudah sangat berkembang berkat adanya perkembangan ilmu geologi dengan teknologi. Dimana perkembangan ilmu ini dapat memudahkan manusia untuk lebih mendalami tentang geologi itu sendiri dan tentunya memudahkan manusia dalam menerapkannya. Sebelumnya saya telah membuat Pengertian dan Prospek Kerja Geologi. Kali ini saya mau mesharingkan mengenai sejarah perkembangan ilmu geologi

 

Yuk, saatnya mendengarkan saya mendongeng. Tapi jangan sampai tidur ya.

Aristoteles
Aristoteles
Pada jaman dahulu kala, tepatnya 2300 tahun yang lalu, Bangsa Yunani telah membuat tulisan mengenai batu permata, gunungapi, fosil, dan gempabumi. Seorang filsuf terkenal bernama Aristoteles mengatakan bahwa batuan terbentuk hasil akibat dari pengaruh bintang-bintang dan gempa bumi yang terjadi karena meledaknya udara yang padat di bumi oleh adanya proses pemanasan oleh pusat api.

Bisa kita bayangkan suatu pusat api yang memanas lalu udara yang padat di bumi meledak sehingga mempengaruhi bintang-bintang dan gempa yang lalu membentuk batuan. Amazing!



Pada akhir abad ke-18, seorang ahli fisika Skotlandia yang bernama James Hutton (1795) menerbitkan buku Theory of the Earth. Beliau merupakan bapak geologi modern. Dan pada abad yang sama merupakan permulaan geologi modern. Buku yang beliau terbitkan mencetuskan bahwa
James Hutton
James Hutton

"The present is the key to the past"

Yang memiliki arti kejadian ini yang terjadi pada saat ini, berlangsung juga pada masa lampau. Teori ini sering disebut sebagai teori Uniformitarianisme.
Salah satu teori Sejarah Perkembangan Ilmu Geologi yang sangat logis. Semua produk geologi saat ini merupakan hasil pada masa lalu.

Baron Georges Cuvier
Pada tahun 1810, seorang berkebangsaan Perancis yang bernama Baron Georges Cuvier mempunyai teori katastrofisme. Bunyinya:
"Apa yang ada pada saat ini merupakan hasil dari bencana-bencana yang terjadi di masa lalu"
Pada masa lampau telah terjadi kepunahan baik itu flora dan fauna yang dikarenakan adanya bencana (catastroph) secara mendadak dan berlangsung di seluruh bumi.
Teori yang menurut saya bagus. Bisa diperkirakan pada masa lampau mengalami banyak bencana alam. Teori ini merupakan salah satu Sejarah Perkembangan Ilmu Geologi.


Charles LyellCharles Lyell (1797-1875) membuat sebuah edisi buku yang berjudul Principles of Geology. Buku ini menjelaskan bahwa perubahan-perubahan lebih lanjut dari permukaan bumi, dengan sebab-sebab yang terjadi sekarang. Beliau juga menyimpulkan proses-proses geologi yang ada sekarang merupakan berlaku juga pada masa lalu.






Bagaimana cerita mengenai Sejarah Perkembangan Ilmu Geologi? Ngantuk atau menarik? Ya hanya segitu yang saya tahu. CMIIW (Correct Me If Im Wrong), saya disini juga masih belajar. Semoga dapat membantu dan mencerahkan. Geologi itu ilmu yang mempelajari bumi. Mari kita belajar juga Penjelasan Komposisi Isi Perut Bumi, Perputaran Siklus Batuan dan teori lain yang berupa teori tektonik lempeng.






Daftar Artikel:
  1. Pengertian & Sejarah

  1. Petrologi

  1. Geologi Struktur

  1. Geoteknik

  1. Stragrafi

  1. Geomigas


Terima kasih sudah mau membaca artikel ini. Apabila ada kritik dan saran, serta koreksi ilmu, saya sangat menghargai dan berterima kasih. Sekian artikel Sejarah Perkembangan Ilmu Geologi.

Sumber: Buku Responsi 2009, 2010, dan bahan ajar selama kuliah

0 Response to "Sejarah Perkembangan Ilmu Geologi"

Post a Comment

Popular Posts